Chat Kami sekarang
Pentingnya Menulis Jurnal Harian dan Memilih Agenda Custom

Pentingnya Menulis Jurnal Harian dan Memilih Agenda Custom Leave a comment

Narsis Digital – Bisakah Anda menyebut kegiatan menulis jurnal sebagai hobi, jika ya, maka materi tentang pentingnya menulis jurnal harian tentu sangat dibutuhkan. Terutama untuk menulis kegiatan dan berbagai kenangan dalam hidup. Ya, sementara sebagian besar orang mungkin mengatakan “tidak”, bisa jadi membuat jurnal adalah hobi Anda.

Sekarang dengan jumlah jurnal berbeda yang tak terhitung jumlahnya untuk disimpan. Anda dapat menghabiskan waktu memilah-milah semua pilihan Anda untuk menemukan yang tepat untuk Anda. Atau, jika Anda seorang jurnalis yang melakukan kegiatan journaling sebagai hobi, maka cobalah beberapa buku jurnal terbaik yang sekiranya dapat membantu hobi tersebut.

Penjurnalan telah berlangsung lama, berasal dari Tiongkok kuno, ketika Ma Dubo  menulis tentang petualangan perjalanannya ke Gunung Tai. Tujuannya yaitu untuk melakukan persembahan ritual kepada kaisar.

Buku jurnal terbaik membantu mendapatkan perspektif tentang bagaimana penulisan peristiwa demi peristiwa dapat menjadi penting secara historis. Dengan buku sederhana ini, seseorang dapat mengungkap kebenaran sehari-hari orang-orang di berbagai era dan sudut dunia.

Alasan Buku Jurnal Terbaik Menjadi Sangat Penting

Tapi mengapa jurnal menjadi penting bagi Anda, secara pribadi? Dan di antara berbagai jenis jurnal yang harus disimpan, mana yang harus Anda pilih? Nataly Goldberg pernah berkata: Apakah Anda membuat jurnal atau menulis sebagai meditasi, itu adalah hal yang sama. Yang penting adalah Anda memiliki hubungan dengan pikiran Anda. Itulah poin utama tentang pentingnya menulis jurnal harian.

Ini menjawab pertanyaan sebelumnya: semua jenis jurnal pribadi bagus, selama Anda meluangkan waktu untuk refleksi diri dan melihat ke dalam. Bukan hanya kutipan dari penulis terkenal di atas yang memberi tahu kita bahwa menulis jurnal memiliki manfaat besar bagi kesejahteraan secara keseluruhan.  Sains juga menjabarkan beberapa fakta menarik.

Singkatnya, sains telah menunjukkan bahwa membuat jurnal dapat sangat bermanfaat bagi orang yang menderita kondisi psikologis apa pun. Misalnya seperti ADHD, gangguan makan, depresi, kecemasan, psikosis, PTSD dan sebagainya. Kegiatan jurnaling bisa membantu melacak pikiran, kondisi, dan mungkin membuat struktur harian membantu refleksi diri.

Psikolog dan peneliti James Pennebaker menjelaskan bahwa jurnal dapat membantu kita memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bagaimana caranya? Yaitu dengan bertindak sebagai alat manajemen stres.

Menurut Pennebaker, kegiatan menulis peristiwa yang berurutan ini mengurangi dampak stres pada sel T-limfosit. T-limfosit adalah nama lain untuk sel darah putih yang berfungsi sebagai pendukung penuh sistem kekebalan.

Penelitian sains menunjukkan bahwa menulis mengaktifkan belahan otak kiri, markas rasional seseorang. Sekaligus mengajak otak kanan kreatif untuk sekedar merasakan.

Baca Juga: Perbedaan Bahan Mug yang Menentukan Citarasa Minuman Kopi

Pentingnya Menulis Jurnal Harian Menurut Sains

Berikut ini adalah beberapa poin yang memuat daftar singkat alasan pentingnya menulis jurnal harian berdasarkan hasil penelitian:

  1. Kesejahteraan emosional: membuat jurnal membantu Anda memahami diri sendiri dengan lebih baik dan membebaskan stres dan kebingungan sehari-hari.
  2. Klarifikasi mental dan emosional: kita menjalani kehidupan yang sibuk dan terkadang perlu beberapa menit untuk berhubungan dengan diri kita sendiri dengan menuliskan semuanya.
  3. Pengurangan stres: seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jurnal adalah alat anti-stres yang sangat baik yang membantu Anda merasa lebih tenang dan lebih teratur, akibatnya meningkatkan sistem kekebalan Anda.
  4. Pemecahan masalah: bagaimana menurut Anda, apakah memecahkan persamaan lebih mudah di kepala Anda, atau di atas kertas? Berbagai jenis jurnal dapat membantu Anda memecahkan berbagai masalah dalam hidup.

Mungkin Anda juga harus tahu bahwa ada jenis psikoterapi yang disebut Terapi Jurnal, dan banyak psikoterapis dari berbagai aliran pemikiran berlatih membuat jurnal dengan pasien mereka. Setelah semua yang kami katakan, tidak perlu menjelaskan alasannya. Itulah beberapa ulasan tentang pentingnya menulis jurnal harian, dan jika Anda ingin memiliki agenda custom sendiri, maka pesanlah langsung di Narsis Digital.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

SHOPPING CART

close
Narsis Digital